Kalimat Tanya

Impolite

Menggunakan akhiran /어/여 (dengan menaikkan nada bicara) atau menggunakan akhiran (untuk bertanya pada orang yang lebih dihormati)

밥을 먹었? (Sudah makan nasi?)

어디 ? (Pergi ke mana?)

Informal Polite

Menggunakan akhiran -(아/어/여)요 (dengan menaikkan nada bicara)

학교에 가요? (Pergi ke sekolah?)

Formal Polite

Menggunakan akhiran ㅂ니까 bila kata berakhiran vokal dan 습니까 bila kata berakhiran konsonan

갑니까? (Pergi?)

먹습니까? (Makan?)

Kalimat Bentuk Lampau

Menggunakan pra akhiran -(았/었/였)- dan akhiran pada kalimat impolite, akhiran 어요 pada kalimat informal polite, dan akhiran 습니다 pada kalimat formal polite.

오다: 오 + 았 + 어 -> 어 (sudah datang)

먹다: 먹 + 었 + 어요 -> 먹어요 (sudah makan)

노래하다: 노래하 + 였 + 습니다 -> 노래습나다 (sudah bernyanyi)

Partikel

: di; ke; pada

도서관 가요. (Pergi ke perpustakaan)

한시 만나요. (Bertemu pada jam 1)

에서: di; dari (asal)

인도네시아에서 왔어요. (Datang dari Indonesia)

: juga

먹고 싶어요. (Saya juga ingin makan)

보다: lebih… daripada…

한국말이 영어보다 어려워요. (Bahasa Korea lebih sulit daripada Bahasa Inggris)

: lebih…

한국말이 어려워요. (Bahasa Korea lebih sulit)

제일 atau 가장: paling

그 사람은 제일 예뻐요. (Dia yang paling cantik)

이게 가장 작은 연필이에요. (Ini pensil yang paling pendek)

부터: dari; sejak; mulai (titik awal)

여기부터 읽으세요. (Silakan baca dari sini)

까지: sampai; hingga (titik akhir)

어디까지 갔어요? (Pergi sampai mana?)

한테: untuk (orang)

나 친구한테 주었습니다. (Saya memberikan itu untuk teman saya)

한테서: dari (orang)

어머니한테서 들었습니다. (Saya mendengar dari ibu saya)