사랑합니다

나빠요 참 그대란 사람 허락도 없이 왜 내맘가져요

그대 때문에 난 힘겹게 살고만 있는데 그댄 모르잖아요

알아요 나는 아니란 걸 눈길 줄만큼 보잘 것 없단 걸

다만 가끔씩 그저 그 미소 여기 내게도 나눠줄 순 없나요

[Nappayo cham geudaeran saram heorakto eopsi wae naemamgajyeoyo

Geudae ttaemune nan himgyeopke salgoman inneunde geudaen moreujanayo

Arayo naneun aniran geol nungil julmankeum bojal geot eoptan geol

Daman gakkeumssik geujeo geu miso yeogi naegedo nanwojul sun eopnayo]

Sungguh jahat orang sepertimu

Mengapa kamu membawa pergi hatiku tanpa persetujuanku?

Apakah kamu tidak tahu hidupku menjadi sulit karenamu?

Aku tahu aku bukanlah orang yang tepat

Bahkan aku tidak senilai dengan kedipan matamu

Tapi tidak bisakah kamu sesekali membagi senyumanmu denganku?

 

비록 사랑은 아니라도

언젠가 한번쯤은 돌아 봐주겠죠

한없이 뒤에서 기다리며 오늘도

차마 못한 가슴속 한마디

그댈 사랑합니다

[Birok sarangeun anirado

Eonjenga hanbeonjjeumeun dora bwajugetjyo

Haneopsi dwieseo gidarimyeo oneuldo

Chama mothan gaseum sok hanmadi

Geudael saranghamnida]

Walaupun ini bukan cinta

Sekali saja bisakah kamu kembali suatu saat nanti

Hari ini pun tak terhingga lamanya aku menunggumu di belakang

Satu kata dari dalam hatiku yang tidak bisa aku katakan

Aku mencintaimu

 

어제도 책상에 엎드려 그댈 그리다 잠들었나봐요

눈을 떠보니 눈물에 녹아 흩어져 있던 시린 그대 이름과 헛된 바람뿐인 낙서만

[Eojedo chaeksange eopteuryeo geudael geurida jamdeureonnabwayo

Nuneul tteoboni nunmure noga heuteojyeo itteon sirin geudae ireumgwa heottoen baramppunin nakseoman]

Kemarin aku tertidur tengkurap di atas meja membayangkanmu

Ketika aku membuka mataku, air mataku mencair berpencar menghapus namamu dengan putus asa

 

언젠가 한번쯤은 돌아 봐주겠죠

한없이 뒤에서 기다리며 오늘도

차마 못한 가슴속 한마디

그댈 사랑합니다

[Eonjenga hanbeonjjeumeun dora bwajugetjyo

Haneopsi dwieseo gidarimyeo oneuldo

Chama mothan gaseumsok hanmadi

Geudael saranghamnida]

Sekali saja bisakah kamu kembali suatu saat nanti

Hari ini pun tak terhingga lamanya aku menunggumu di belakang

Satu kata dari dalam hatiku yang tidak bisa aku katakan

Aku mencintaimu

 

이젠 너무 나도 내겐 익숙한 그대 뒷모습을 바라보며

흐르는 눈물처럼 소리없는 그 말 그댈 사랑합니다

[Ijen neomu nado naegen iksokan geudae dwitmoseubeul barabomyeo

Heureuneun nunmulcheoreom sorieopneun geu mal geudael saranghamnida]

Sekarang aku sangat terbiasa melihatmu dari belakang

Aku mengatakan “aku mencintaimu” seperti air mata yang keluar tanpa suara

 

 

KOSAKATA

가끔: kadang-kadang, sesekali

가슴: hati, dada

겠: akan

그리다: menggambar, membayangkan

기다리다: menunggu, menantikan, mengharapkan

길: jalan

나누다: membagi

나쁘다: jelek, buruk, jahat

너무: sangat, terlalu, terlampau, berlebihan

녹다: luluh, larut, mencair, hancur, patah hati, putus asa

눈: mata

눈물: air mata

다: semua

돌아오다: kembali, pulang

뒤: belakang

뒷모습: posisi tubuh membelakangi

때문에: karena

마음: hati, kalbu, sanubari, batin

만: hanya, semata-mata, cuma

만큼: seperti, se(perbandingan)

말: kata, bahasa, pernyataan

모르다: tidak tahu

못: tidak bisa

미소: senyum, senyuman

바라보다: melihat, memandang

바람: harapan

비록: meskipun, sekalipun, biarpun, walaupun

사람: orang

사랑: cinta

사랑하다: mencintai

살다: hidup, tinggal

소리: suara

속: dalam

아니다: bukan, tidak

알다: tahu

어제: kemarin

언젠가: suatu hari, suatu saat

없다: tidak memiliki, tidak ada

없이: tanpa

엎드리다: tiarap, tengkurap

여기: disini

오늘: hari ini

왜: mengapa, kenapa

이름: nama

이제: sekarang

익속하다: terbiasa, terlatih

잠들다: tertidur

주다: memberi

쯤: lebih kurang, kira-kira, sekitar

차마: tidak tega, tidak sanggup untuk melihat

참: sungguh, benar-benar, amat

책상: meja

처럼: seperti

한마디: sepatah kata

한번: satu kali, sekali

한없다: tidak terbatas

허락: persetujuan, izin

흐르다: mengalir

흩어지다: berpencar, tersebar, terpencar

힘: tenaga, kekuatan, usaha, daya upaya, semangat

힘들다: sukar, sulit