Melanjutkan rangkuman materi bahasa Korea dari Universitas Sogang tingkat pemula 1 (bagian 1, 2, 3, 4 dan 5). Berikut ini rangkuman materi tingkat pemula 2. Untuk chingu-deul yang sudah jauh lebih banyak pengetahuannya tentang bahasa Korea, mohon bantuannya apabila ada kesalahan materi yang saya masukkan ataupun pengetikannya.

고마워요 ^^

 

Pola Kalimat

전에 (sebelum melakukan)

Menyatakan ‘sebelum sesuatu terjadi’

오시 전에 전화하세요 (Sebelum datang, hubungi saya terlebih dahulu)

일하 전에 식사를 하세요 (Sebelum bekerja, makanlah terlebih dahulu)

 

-() () 있다 (pernah melakukan sesuatu)

한국음식을 먹어 적이 있어요 (Saya pernah makan makanan Korea)

-() () 없다 (belum pernah melakukan sesuatu)

한국음식을 먹어 적이 없어요 (Saya belum pernah makan makanan Korea)

 

-(//) 되다/하다 (harus melakukan)

와야 됩니다 (            Harus datang)

지금은 공부를 해야합니다 (Saya harus belajar sekarang)

 

기로 하다 (memutuskan untuk melakukan)

담배를 끊기로 했어요 (Saya memutuskan untuk berhenti merokok)

 

기로 결정하다 (memutuskan untuk melakukan)

담배를 끊기로 결정했어요 (Saya memutuskan untuk berhenti merokok)

 

기로 약속하다 (berjanji untuk melakukan)

담배를 끊기로 약속했어요 (Saya berjanji untuk berhenti merokok)

기로 결심하다 (bertekad untuk melakukan)

담배를 끊기로 결심했어요 (Saya bertekad untuk berhenti merokok)

 

않기로 하다 (memutuskan untuk tidak melakukan)

않기로 했어요 (Saya memutuskan untuk tidak makan)

 

기로 하다 (tidak memutuskan untuk melakukan)

기로 하지 않았어요 (Saya tidak memutuskan untuk makan)

 

되다/괜찮다/좋다

Meminta persetujuan orang lain untuk melakukan sesuatu atau menyetujui orang lain untuk melakukan sesuatu.

문을 열어 괜찮아요? (Bolehkah saya membuka pintu?)

들어가 괜찮아요/돼요/좋아요? (Bolehkah saya masuk?)

들어와 괜찮아요/돼요/좋아요 (Kamu boleh masuk)

 

-() 되다

Menyatakan ketidaksetujuan orang lain untuk melakukan sesuatu

들어오 돼요 (Kamu tidak boleh masuk)

지각하 돼요 (Tidak boleh terlambat)

 

-() ‘  (apabila, ketika, jika)

그분이 떠날 , 같이 갑시다(Ayo pergi bersama jika dia pergi)

날씨가 좋을 , 여행을 가겠습니다 (Saya akan pergi berwisata jika cuacanya bagus)

제가 한국에 갔을 , 날씨가 아주 추웠어요 (Cuacanya sangat dingin ketika saya pergi ke Korea)

 

-(//)으면 좋겠다 (berharap)

한국에 가면 좋겠어요 (Saya berharap saya bisa pergi ke Korea)

한국어를 잘 했으면 좋겠어요 (Saya berharap saya bisa berbahasa Korea dengan baik)

 

있다 (sedang melakukan)

뭘 하 있어요? (Apa yang sedang kamu lakukan?)

한국어 공부를 하 있어요 (Saya sedang belajar bahasa Korea)

친구를 기다리 있어요 (Saya sedang menunggu teman)

 

고 있다 (tidak sedang melakukan)

친구를 기다리 있어요 (Saya tidak sedang menunggu teman)

고 있지 않다 (tidak sedang melakukan)

친구를 기다리 있지 않아요 (Saya tidak sedang menunggu teman)

 

-()// -() 같다

Menyatakan dugaan atau menerka sesuatu

비싼 같아요 (Sepertinya mahal)

그분이 미국사람 같아요 (Dia sepertinya orang Amerika)

비가 오 같아요 (Sepertinya turun hujan)

비가 같아요 (Sepertinya akan turun hujan)

비가 같아요 (Sepertinya telah turun hujan)

 

Predikat + -() + Keterangan Waktu + 되다

Menyatakan jarak waktu (interval) suatu kejadian

한국에 지가 얼마나 었어요? (Anda sudah berapa lama di Korea?)

한국에 지는 3 었어요 (Saya di Korea sudah 3 tahun semenjak datang ke Korea)

그분은 만난 () 10년쯤 었어요 (Saya di Korea sudah 10 tahun semenjak bertemu dengan dia)

* Predikat berakhiran konsonan, gunakan . Predikat berakhiran vokal, gunakan .

Menyatakan kejadian yang sedang berlangsung (dalam bahasa Inggris verb-ing)

공부하 (Sedang belajar)

공부하 이 제일 쉬워요 (Belajar adalah pekerjaan paling mudah)

가르치 (Sedang mengajar)

안나씨는 가르치 을 좋아해요 (Anna suka mengajar)

되다 (akan menjadi)

열심히 공부하면 한국말을 잘 하 니다 (Jika saya belajar dengan tekun, saya akan bisa berbicara bahasa Korea dengan baik)

언제 한국에 가 니까? (Kapan kamu (akan) jadi pergi ke Korea?)

저는 한국에 못 가 었어요 (Saya (tidak bisa) jadi pergi ke Korea)

 

다고 생각하다 (saya pikir …)

저는 그 사람이 온다고 생각해요 (Saya pikir dia akan datang)

저는 그분이 사무실에 있다고 생각해요 (Saya pikir dia ada di kantornya)

저는 어머니께서 건강하다고 생각해요 (Saya pikir ibu saya sehat)